Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BELAJAR HTML | Mempelajari Dasar Kerangka HTML

Assalamualaikum Sobat Awonapa Jr, setelah kemarin kita sudah mengetahui bagaimana proses Xampp Menjadi sebuah Server lokal, seperti yang kemarin kita gunakan adalah APACHE dan MySQL.
Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba untuk membahas Dasar Kerangka HTML.

HTML

Penjelasan HTML

HTML adalah kependekan dari (Hypertext Markup Language) yaitu sebuah kerangka dasar di dalam sebuah halaman web, dan HTML inilah yang menyusun sebuah halaman website.

Sejarah HTML

HTML dibuat pada tahun 1990 oleh seorang ilmuan yang bernama Tim Berners-Lee. Tujuan pertama kali dibuatnya HTML ini adalah untuk memudahkan para ilmuan ketika akan mengakses dokumen mereka satu sama lain.
Namun ternyata saat ini HTML bukan hanya digunakan untuk hal itu. Namun sudah menjadi lebih luar biasa lagi, yaitu digunakan untuk menjadi Pondasi / Kerangka sebuah Webiste.

Selain HTML, ada pendukung lain yaitu CSS, nah jika teman teman sudah selesai dengan latihan tutorial HTML ini, teman teman bisa melanjutkan untuk mempelari Dasar CSS

Tutorial Belajar CSS Dasar Untuk Pemula

Untuk menulis sebuah Halaman HTML, Anda bisa membuat mengunakan sublime text, atau notepad ++, vscode, atom dan lain lain.

Berikut adalah Syntac kerangka dasar dari HTML

<html>
<head>
 <meta charset="UTF-8">
 <title>Halaman HTML</title>
</head>
<body>
 Hai
</body>
</html>

Jika sudah membuat kerangka tersebut, kamu bisa save dengan nama index.html

Penjelasan

Title itu adalah judul dari index.hml yang kita buat. jika sesuai dengan syntak diatas maka judul yang akan muncu adalah "Halaman HTML"
Head adalah bagian kepala atau atas seperti judul tersebut. selain itu bagian Head ini bisa di isi dengan jquery atau pun script lain lain
Body bagian ini adalah bagian isi segala macam seperti CSS, HTML dan script lainya.

Hasil dari script yang kita buat tadi seperti ini.

Kerangka HTML
Belajar HTML

Teman teman, mungkin seperti itulah hasil dari Kita mempelajari dasar HTML, jika teman teman ingin mempelajari lebih banyak lagi, silahkan untuk menjelajah di halaman blog ini.

Belajar HTML Lengkap
Terimakasih sudah berkunjung, sekian.
Wassalamualaikum wr wb

2 komentar untuk "BELAJAR HTML | Mempelajari Dasar Kerangka HTML"