Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BELAJAR HTML | Cara Membuat Symbol atau Karakter Khusus di HTML

Hai Teman-Teman Semua, bagaimana kabar nya? Oke kemarin kita sudah membahas apa itu Meta-tag Charset UTF-8. Kita ulas kembali sedikit untuk mengingat bahwa seberapa penting nya Meta-tag Charset UTF-8.
Dan inilah sekilas pembahasan kemarin. Tentang
BELAJAR HTML | APA ITU META TAG CHARSET UTF-8 PADA HTML 5
Penulisan meta tag charset sangat dianjurkan. Jika kita tidak menuliskan charset, web browser akan mencoba ‘menebak‘ karakter yang digunakan (biasanya web browser modern akan menggunakan utf-8 sebagai karakter default).

Beberapa waktu lalu terdapat sebuah bug pada sebuah browser dia tidak dapat menerjemahkan sebuah karakter set sehingga membuat halaman tidak maksimal.

symbol pada html
symbol pada html
Dan pada kesempatan kali ini, kita akan membahas bagaimana Cara Membuat Symbol atau Karakter Khusus di HTML.

Sebelumnya apakah kalian tahu, apa yang di maksud dengan symbol atau karakter itu?

Selain menyediakan kode warna, HTML juga menyediakan kode untuk membuat symbol. langsung saja pada kode html yang di sediakan html untuk membuat simbol dengan html. ada dua jenis kode simbol html yaitu number dan entity, berikut ini adalah beberapa kode html yang bisa di gunakan untuk membuat simbol.

Pengertian Simbol || Karakter

Simbol berasal dari kata dalam bahasa Yunani symballo yang artinya melempar bersama-sama, melempar atau meletakkan bersama-sama dalam satu ide atau gagasan objek yang kelihatan, sehingga objek tersebut mewakili gagasan.

Karakter (character entities) , Ketika sedang mengembangkan sebuah website, Anda tentu tidak akan terlepas dari penggunaan karakter-karakter khusus tertentu seperti simbol copyright (©), ampersand (&), lebih kecil (<), lebih besar (>), titik koma (;) dan sebagainya. Untuk menampilkan simbol-simbol tersebut di HTML, Anda perlu menggunakan entitas karakter (character entities). 


Mari kita langsung mengaplikasikan bagaimana cara membuat symbol ataupun karakter ini.

Mencoba Symbol Pada HTML

Mencoba Symbol pada Matematika


symbol html
symbol html

Nah itu adalah beberapa contoh symbol pada matematika. mari kita coba beberapa.
See the Pen
symbol entities
by Wahyu Pambudi (@wahyup)
on CodePen.


Untuk Informasi Lengkap tentang symbol teman teman bisa mengunjungi disini.
Perlu di ingat , bahwa terkadang symbol ini kurang workted pada selain HTML 5.
Pada beberapa referensi diatas, terdapat bahwa kita dapat menggabungkan beberapa symbol menjadi satu, baik silahkan Anda coba sendiri yah.

Untuk kesempatan kali ini, saya mohon izin pamit, semoga bermanfaat ya teman teman, mungkin jika ada kritik dan saran silahkan hubungi kami, ataupun langsung di komentar.

Salam Semangatt!!

Posting Komentar untuk "BELAJAR HTML | Cara Membuat Symbol atau Karakter Khusus di HTML "